Mar 11, 2010

Semua Sudah Tak Bisa Dirubah

LIBUR tlah tiba..LIBUR tlah tiba..hatiku gembira. Fiuuhh, legaaa. Akhirnya, masa transisi dari kehidupan siang ke kehidupan malam selama 2 minggu sudah usai. Semuanya akan kembali seperti semula. Ujian telah usai. Ternyata isu2 kalo yg mengawasi TNI lebih ketat tidak semuanya benar. Malah bisa lebih santai. Lebih nyaman dan lebih gak ada beban. Sekedar review sedikit kilas balik perjuangan menghadapi UAS.

Hari 1  HUKUM PIDANA / TIPIKOR
Ujian ini membutuhkan ketahanan tangan dan kecepatan dalam menulis [mungkin ini yg diujikan sebenarnya]. Soal hanya satu lembar tapi jawaban bisa berlembar lembar folio. Waktu 2 jam pun belum tentu cukup meskipun kita sebenernya tahu jawabannya. Soalnya sih cuma 10 nomor, tapi tiap nomor beranak menjadi pertanyaan “a” dan “b”, kemudian di dalam pertanyaan “a” dan “b” itu berkembang biak lagi menjadi beberapa pertanyaan. Jadi kalo diitung2 satu nomor soal bisa ada 3-5 pertanyaan di dalamnya. [mungkin inilah yg disebut dg soal berlapis..ternyata bukan Cuma hukum saja yg bisa berlapis]. Tapi alhamdulillah soal diselesaikan dengan lumayan lancar, hanya 1, 2 pertanyaan yg menggunakan metode mengarang indah dan imajinasi. Secara keseluruhan insyaAllah sukses. Amin.
Hari 2 PERPAJAKAN 2
Untuk yg ini biarkanlah tangan ini berkarya bebas di atas kertas. Tak tahu harus menulis apa. Soal pilihan ganda bisa dengan metode “silang indah”. Essay bisa menggunakan “imajinasi”. Dan soal hitungan yang penting kelihatan “ping-poro-lan-sudo”nya. Masalah nilai??? Hmmmmmmm…….
Hari 3  MANAJEMEN KEUANGAN
Mungkin inilah risiko orang pintar [ciee..sombong]. Orang disuruh ngerjain 4 soal dari 6 soal, eh dikerjain semua. Ckckck, ini pintar apa gak geliat perintah soal?? Tapi, setelah lihat temen keluar cepet banget diriku kaget, kok bisa cepet banget keluar ngerjain 6 soal. Eh, setelah diliat ternyata Cuma disuruh ngerjain 4. masyaAllah. Ntar dikira sok pinter kalo ngerjain semua. Tapi, secara garis besar UAS ManKeu kali ini SUKSES.
Hari 4  EKONOMI MAKRO
Tak bisa dibayangkan jika apa yg dipelajari semalaman banyak yg tidak keluar. Bisa dipastikan mengerjakan dengan teknik “mengarang indah” pun bisa dilakukan. “Ku diam tanpa kata” ketika membaca soal didepanku. Kubiarkan tangan ini menulis sesuai dengan “imajinasi” otak yg sedang berkembang. Tapi semoga saja nilai UTS bisa membantu nilai UAS yg kemungkinan besar tak karuan nilainya ini.

Hari 5  COST ACCOUNTING (AKUNTANSI BIAYA)
Nilai 63 di UTS harus bisa dikejar di UAS ini. Itu yg melecut semangatku untuk belajar. Belajar semalaman membuka semua materi, tapi ternyata kelupaan belajar teori. Dan ketika ngerjain soal pagi harinya, alhamdulillah ku ucapkan ketika melihat soalnya. 80 nomor pilihan ganda. Untuk soal2 hitungan alhamdulillah lancar, tapi untuk soal teori, ya AMPUN. Ntah yakin apa tidak yg penting diyakin2kan. Semoga saja nilai UAS ini bisa melebihi nilai UTS. AMIN.

Hari 6  INTERMEDIETE ACCOUNTING
Menurut pengalaman UTS, biasanya untuk UTS Intermediete itu mudah kemudian disambung Lab. Intermediete yang meruntuhkan moral. Tapi ternyata dugaan itu salah. Saat membaca soal2 Intermediete yg dibagikan pengawas. Soal 50 nomor pilihan ganda dan 3 nomor essay. Badan langsung terasa lemes. Hanya bisa berdoa sajalah. Seperti masa2 yg lalu, metode “silang indah” pun bisa diterapkan. Gak yakin juga apakah masih bisa mempertahankan nilai UTS? Semoga saja. Amin.

Hari 7  LAB. INTERMEDIETE ACCOUNTING
Belajar dari pengalaman UTS. Jika Intermediete nya saja sudah susah gitu, gimana dengan Lab nya? Bisa bikin depresi kah? Ternyata tidak, soal UAS Lab Inter ternyata bisa dibilang mudah. Meskipun aku sendiri gak begitu yakin dengan apa yg kukerjakan tapi semoga saja UAS kali ini hasilnya lebih baik dari UTS kemarin.

Hari 8  SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
Hari terakhir. Belajar tidak seberapa tapi alhamdulillah ujian SIA kali ini lancar. 20 nomor soal pilihan ganda gak ada 3 menit lancar dikerjakan. Soal flowchart tinggal ngikutin petunjuk aja. Soal2 essay yang lain yang penting dikerjakan lah, pokoknya jawabannya PANJANG LEBAR, bukan singkat padat jelas. Itu saja.

Secara keseluruhan memang rasanya UAS kali ini kurang memuaskan. Sekarang tinggal menunggu hasilnya saja. Apapun hasilnya semoga itu yg terbaik yg diberikan oleh ALLAH pada kami. Yang lalu biarlah berlalu, toh jawaban sudah tidak bisa dirubah lagi kan. Diriku hanya bisa berdo’a untukku dan untuk semua teman2ku. Semoga semuanya diberi yang terbaik dari-NYA. Dan tidak lupa minta doa dari temen2 semuanya. Semoga kami bisa bertahan di sini, sampai kami siap menjadi penjaga keuangan negara dibawah naungan Kementrian Keuangan.

TETEP SEMANGAT n SELAMAT BERLIBUR KAWAN [jangan lupa oleh2nya kalo dah balik]

12 comments:

  1. aduh, baca nama mata kuliahnya aja dah mabok aku.

    ReplyDelete
  2. bener de..
    yan9 pentin9 kita suda berusaha dan menjawab.
    hasil akhir kita serahkan padaNYA.

    insya ALLAH lulus,amin..

    selamat berlibur yaaaa ^_^


    have fuun..

    ReplyDelete
  3. Smoga Tuhan slalu memberi yang terbaik buat kamu dan teman-temanmu yang lain.. Aminn..

    selamat liburan yachh.. :D

    ReplyDelete
  4. Baca Matkul ae wes bingung boe
    semoga sukses ae wes

    ReplyDelete
  5. mbak fanny : yg baru baca aja gitu..gimana org yg ngejalaninnya mbak..hehe..

    mbak wi3nd : AMINN..mkasih ya mbak doanya..
    hehe..mbak wi3nd mau oleh??

    Ra-Kun : Oke bos..amin..

    Ieyas : Amin..makasih ya..

    Kang Tejo : oke kang..matur tengkyu..

    ReplyDelete
  6. alhamdulillah...
    smoga hasilnya memuaskan ya...
    jadi inget dulu pas jaman kuliah...
    tiap ujian pasti nongkrongin mas anjayani buat nyari kisi-kisi...

    btw,,gmana kabar mas2 di potokopian anjayani ya???
    masih adakah????
    trus,,apakah ceu ikin masih jualan???
    hehehehe,,,

    ReplyDelete
  7. Riesta Emy Susanti :
    wew..alumni STAN to mbak..
    penempatan dimana neh skrg??

    wah wah..kalo nama2 pnjaga photocopian kurang tau daku mbak..
    kalo ceu ikin mah masih mbak..
    kangen sama makanannya mbak??
    hehe..

    ReplyDelete
  8. mbak cuma bisa bilang semangat yah mbak. mata kuliahnya cukup bikin geleng-geleng diriku. gimana kalo mbak yang ngalamin nya yah.. hadooooohh

    ReplyDelete
  9. @ bintang:
    oke mbak..makasih semangatnya..
    kalo mbak yg ngalamin??gag usah dibayangin deh mbak..hehe..

    @ mading:
    terima kasih sudah berkunjung...

    ReplyDelete
  10. Hai...

    Salam kenal sahabatku...

    kunjungan pertamaku di rumahmu, sekalian follow. Sebagai hadiah perkenalan, aku memberimu hadiah, silahkan diambil

    disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

    sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


    aku mengasihimu....


    Ninneta

    ReplyDelete

Monggo bagi yang mau mengeluarkan uneg-unegnya. Jangan cuma disimpan dalam hati, gak baik lho. Ditunggu coretan-coretan kalian semua. Terima Kasih :D