Jun 17, 2010

Pelajaran Hari Ini

from here
Tak terasa sudah 5 hari aku dirumah, tinggal 2 hari lagi. Sedih rasanya harus kembali meninggalkan Bapak, Ibu, adek2ku , dingin dan sejuknya desaku. Diriku pasti bakal rindu semuanya. Tapi apa daya, diriku harus kembali menjalani kerasnya kota Tangerang [kok kedengarannya gak enak ya??biasanya kan kerasnya kota Jakarta..ah biarlah]. Diriku harus menjalani studyku yg tinggal satu tahun lagi. Do’akan aku yaa.

Tapi bukan itu topik utama kali ini. Ceritanya waktu diriku pergi ke tempat kakek n nenekku di Klaten kemarin. Waktu diriku sedang duduk2 di teras rumah bersama nenek, ada seorang anak kecil datang menghampiri kami. “Mbah, ini ada roti dari mbah Yatmo”. “oh, ya, makasih”. Kulihat roti itu, hanya sepotong kecil yg mungkin sekali makan habis. “Kok dikit banget mbah?” tanyaku.

Oalah le, roti seko jagongan ki sepiro to. Sing penting ki iso ngenehi tanggane” jawab nenekku tenang. [“oalahh le, roti dari hajatan tu seberapa to. Yang penting itu bisa memberi kepada tetangga.]

Aku diam. Aku teringat diriku sendiri yg seringkali enggan untuk sedikit berbagi rezeki kepada orang2 disekitarku. Egoku mengalahkan hati nurani. Terima kasih nek, telah membuatku sadar. Benar kata nenek.

Berapapun rezeki kita, yang penting kita bisa berbagi

Di dalam kata itu pun mencakup perkataan “jika ingin bahagia, buatlah orang lain bahagia”. Sebagai contoh, kalau kita mendapatkan rezeki yg sedikit biasanya kita akan mengeluh, cobalah kita berikan sebagian rezeki kita yg sedikit itu kepada orang yg membutuhkan, ato paling tidak tetangga kita. Dengan itu kita bisa bersyukur dengan rezeki yg sedikit itu.

Sebagai contoh lagi, gak usah muluk2. Kita punya dua buah permen kemudian kita memberikan satu permen itu kepada orang disamping kita [jika ada orang]. Perasaan kita akan berbeda jika kita menghabiskan sendiri permen itu tanpa memperhatikan orang disekitar kita.

Mungkin hukum tak tertulis inilah yg membedakan desa dengan kota. Yang membuat rasa kekeluargaan dan Gotong Royong masyarakat desa masih kuat sampai sekarang. Hal ini pula lah yg membuat setiap warga mempunyai ikatan batin yg kuat. Masyarakat kota? saya tidak akan membahasnya.

41 comments:

  1. hmmm
    segera dilakuin deh
    berasa ditampar nih

    ReplyDelete
  2. berbagi kesesama emang harus dilakukan oleh semua manusia

    kita harus saling memberi kepada yang membutuhkan

    ReplyDelete
  3. menyentuh sob tulisannya,
    setuju, membuatorang bahagia itu, rasanya memang berbeda...

    ReplyDelete
  4. suka quotenya "jika ingin bahagia, buatlah orang lain bahagia "

    ReplyDelete
  5. iya..kadang ego mengalahkan hati..

    2 jempol ceritanya sob..

    ReplyDelete
  6. moga nanti lulus dgn nilai terbaik...amin, jgn lupa kalau dah jadi pejabat ingat selalu pesen nenekmu itu hehehe

    ReplyDelete
  7. berbagi adalah pangkal kekayaan sesungguhnya
    benar bukan??
    ^-^
    oh yah kunjung ke wiedesignarch... ada pertanyaan tentang bioskop yang paling engkau sukai ^-^

    ReplyDelete
  8. aq siuka artikelnya, izin saya save buat bacaan d rumah, mohon izinnya

    ReplyDelete
  9. itu lah yang aku sukai dari desa...beda banget dengan kehidupan kota...rasanya kalo udah kembali ke desa, malas ke kota lagi...

    ReplyDelete
  10. gmana ujiannya???

    walaupun cma dikit,,, tapi bisa berbagi dengan orang lain uda bikin kita bahagia...

    ReplyDelete
  11. “jika ingin bahagia, buatlah orang lain bahagia”

    like this lyk ^^

    duh lagi jenuh2nya ngeblog nie lyk ^_^?
    wah udh bres y utsnya, kl aq slasa bsk udh uts smester padat,,hueexxx

    ReplyDelete
  12. apapun yang diberikan seseorang (daLam haL positif) dan seberapaun banyaknya yang diberikannya, itu merupakan sebuah rezeki yang wajib kita syukuri.
    begitupun dengan yang sedang memiLiki sedikit keLebihan rezeki, agar seLaLu mengingat dan memperhatikan orang-orang disekeLiLing kita.
    terima kasih atas pencerahannya, bermanfaat sebagai media pengingat bagi kita semua agar seLaLu berbagi kebahagiaan dengan orang Lain.

    ReplyDelete
  13. Jadi ingat pepatah begini : "Hidup akan jadi lengkap apabila kita bisa jadi pelengkap bagi orang lain"

    ReplyDelete
  14. mari berbagi rasa dengan sesama

    ReplyDelete
  15. bahagiakanlah orang lain, maka kau akan merasa bahagia di sekitarnya :D

    ReplyDelete
  16. saling berbagi plus bisa di lakukan dengan ikhlas pasti menyenangkan :)

    ReplyDelete
  17. Rizki yang di berikan allah terdapat sebagian hak orang-orang fakir miskin

    ReplyDelete
  18. semoga cepet kelar yah stannya..^^
    mari berbagi...hehehe

    ReplyDelete
  19. betul bgt sob,
    "kalo ingin bahagia, buatlah org lain bahagia"
    mantap!

    ReplyDelete
  20. sesama manusia kita memang harus saling membagi dan satu saling mengerti :D

    ReplyDelete
  21. ^_____^ sesama makhluk hidup harus punya toleransi hidup,

    ReplyDelete
  22. semoga selalu mau membahagiakan ortumu y
    salam hangat dari blue

    ReplyDelete
  23. sipp bgt ceritanya....
    emang beda rasanya kalo kita bisa berbagi dan melihat orang lain senang... :D

    ReplyDelete
  24. haduh, saya jadi rindu kampung halaman juga nih mas :)

    iya, di lembur suasananya lebih ajib ktimbang d kota :)

    ReplyDelete
  25. bernagi tak pernah merugi ;)

    mule kampung ra bilang bilang,oleh oleh :D



    *suwe ora bw jeh mbakmu ikih..salam kanggem ibu lan bapak dan adik adik yah de *

    ReplyDelete
  26. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  27. berbagi selalu menyenangkan..

    biar sedikit, tapi dinikmati sama2, sensasinya beda..
    hehe

    Perdana, ya..

    ReplyDelete
  28. di daerah rumah saya juga begitu. selalu berbagi. hehe~

    ReplyDelete
  29. berapapun rezeky, yang penting berbagi.....

    huhuhuhuhu

    terharuuu T.T

    ReplyDelete
  30. memberi sekecil apapun yang kita bisa sangat berarti

    ReplyDelete
  31. terimakasih, sudah mengingatkan untuk berbagi :)

    ReplyDelete
  32. Tuhan akan meringankan beban orang yang suka meringankan beban orang lain. salam kenal :)

    ReplyDelete
  33. terimakasih untuk pelajarnnya :D

    ReplyDelete
  34. hmmm pelajaran yg berharga ya sob
    begitulah hidup akan terasa indah ketika kita berbagi untuk memberi
    Sukses Slalu!

    ReplyDelete
  35. wow..
    ikhlas n tros smangat mas.. ;)

    ReplyDelete
  36. iklas berbuat yang baik itu lebih baik dan akan menghasilkan sesuatu yang baik pula

    ReplyDelete

Monggo bagi yang mau mengeluarkan uneg-unegnya. Jangan cuma disimpan dalam hati, gak baik lho. Ditunggu coretan-coretan kalian semua. Terima Kasih :D