May 16, 2012

Geblek


eSBeYe aja suka
Diriku langsung tertarik dan teringat sesuatu ketika melihat judul berita tersebut. Dan ternyata benar, itu adalah berita dari Kulon Progo (red tempat kelahiranku) yang baru saja mengadakan lomba desain batik khas Kulon Progo. "Geblek Renteng", itulah yang menarik perhatianku, tepatnya sih "Geblek" nya. Mungkin maksud dari sang pembuat desain ini adalah desain batik bermotif Geblek yang dibuat renteng-renteng atau seperti rantai. Tapi di sini saya bukan mau bahas tentang desainnya, tapi lebih ke Geblek nya. Sebelumnya saya ucapkan Selamat dulu kepada sang desainer "Batik Geblek Renteng", pemenang lomba batik khas Kulon Progo. OK, langsung ke topik.

Opo sih Geblek iku? Jangan sampai salah pelafalan ya, bisa berabe kalo salah ngomong :). Geblek harus dibaca dengan pelafalan "e" yang berbeda. Lafal "e" yang pertama dibaca seperti "e" pada "pergi", dan "e" yang kedua dibaca seperti "e" pada "bebek". Mudah kan? Nah, sekarang udah bisa melafalkan geblek dengan fasih, tapi apa sih geblek itu? 

Geblek adalah makanan khas dari Kulon Progo. Makanan lokal sebagai identitas Kulon Progo, jangan ngaku orang Kulon Progo kalo belum pernah makan geblek, hehe. Geblek ini biasanya berbentuk seperti donat versi mini yang disusun tiga tingkatan (angka 8 ditambah satu buletan di atas/di bawahnya, hehe) dan berwarna putih bersih (yang bagus).

Rasanya? pernah makan cireng/cimol goreng? Rasanya hampir sama seperti itu tapi tetap berbeda, ada kekhasan tersendiri ketika memakan geblek. Kenyal ketika digigit, sensasi gurih yang terus melekat, dan aroma harum geblek hangat yang menggoda tak akan pernah terlupa, hehe. Sayang Pak Bondan belum pernah nyoba ini, coba kalo udah pernah, langsung bilang Mak Nyuuusss :D. Geblek ini lebih nikmat dimakan ketika lagi hangat2nya dan dimakan dengan teman setianya, Besengek Tempe Benguk. Apalagi itu besengek tempe benguk? Itu makanan khas dari daerah kelahiranku juga. Nanti akan saya jelaskan lagi di postingan selanjutnya.

Kembali ke geblek, Geblek ini bisa dibuat dari tepung tapioka, lebih bagusnya sih tepung tapioka basah. Yang kering bisa juga sih, tetapi hasilnya kurang bagus. Tetapi lebih bagus lagi kalo bikinnya dari singkong langsung, yang langsung diambil patinya dan langsung di olah. Dulu saya pernah tanya kepada pembuat geblek di daerah saya cara membuat geblek mulai dari berbentuk singkong mentah hingga menjadi geblek, tetapi saya lupa filenya saya taruh di mana. Besok kalo ketemu saya post deh, kali aja ada yang mau belajar. Dan asal tahu saja, geblek yang masih mentah/belum digoreng bisa tahan sampai 4 hari sebelum di goreng, jadi bisa tuh dijadikan oleh-oleh, nanti sampai tempat tujuan baru digoreng.

Segitu dulu deh perkenalan dari sang geblek, dilanjut besok lagi kalo udah ketemu file nya :D

Kalau maen-maen ke Kulon Progo jangan lupa beli geblek.

SALAM GEBLEK
Penampakan Geblek

Pict from here



9 comments:

  1. pokokke maknyuussss sing jenenge geblek kuwi.... dicocol saos ABC extra pedas tmbh yahuud juga lho... :D

    ReplyDelete
  2. wah aku belum pernah nyoba tuh :D

    ReplyDelete
  3. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  4. wah infonya bagus sob..
    sangat bermanfaat & lengkap lagi..
    makasih ya :)
    salam kenal :)




    #Happy BLogging :D

    ReplyDelete
  5. di daerah gue juga ada, tapi bolongnya cuma 2 kayak angka 8 namanya ladu. :D

    ReplyDelete
  6. wah, apaan tuh. saya baru tau :D

    ReplyDelete
  7. Kebetulan saya juga berasal dari daerah asal si geblek.
    Kian hari kian popler ni geblek,..

    ReplyDelete

Monggo bagi yang mau mengeluarkan uneg-unegnya. Jangan cuma disimpan dalam hati, gak baik lho. Ditunggu coretan-coretan kalian semua. Terima Kasih :D