Aug 9, 2015

DIY : Membuat Gantungan Handuk PVC Murah Meriah

Berawal dari keinginan membeli gantungan handuk atau towel rack, akhirnya ane browsing ke beberapa situs e-commerce yang bertebaran di belantara internet, macam tokopakdia, bukageplak, dan semacamnya. Setelah ane lihat-lihat rata-rata harga untuk gantungan handuk ada di kisaran 90an ribu, itupun yang paling murah, yang lebih mahal banyak. Selain di internet ane juga lihat-lihat di toko kelontong dekat rumah. Ternyata memang harganya di kisaran itu semua. Mungkin 90-100rb gak terlalu mahal, tapi menurut ane itu terlalu mahal untuk sebuah gantungan handuk. Akhirnya kepikiranlah untuk membuatnya sendiri menggunakan pipa paralon (pvc) karena memang sebelumnya ane pernah juga membuat meja TV dari pipa paralon juga. Dengan menggunakan pipa paralon ane bisa menghemat hampir 60%. Untuk itu di sini ane hanya ingin sedikit sharing cara pembuatan gantungan handuk menggunakan pipa pvc. Oke, mari kita mulai :
image from here
Pertama-tama cobalah untuk membuat sketsa gantungan handuk yang ingin dibuat, untuk menentukan bahan-bahan yang diperlukan. Untuk gantungan handuk yang akan ane buat, desainnya seperti gambar di bawah ini. Kalo ingin membuat dengan model lain dipersilakan.

Dengan kita menggambarnya terlebih dahulu kita bisa tahu bahan-bahan yang akan kita gunakan. Dari gambar yang ane buat, bahan-bahan untuk membuat sebuah gantungan handuk adalah sebagai berikut :

1. Sebuah pipa pastinya, P = 4 m (karena saat beli pipa, bisanya beli 1 pipa panjang). Di sini ane menggunakan pipa dengan diameter 1/2 inch.
2. Sambungan bentuk L 1/2 inch = 4 pcs
3. Sambungan bentuk T 1/2 inch = 2 pcs
4. Dop/Penutup 1/2 inch = 2 pcs
5. Klem ukuran 1/2 inch = 2 pcs

Setelah tahu bahannya, langsung belanja-belanja ke toko bangunan. Ato kalo punya pipa dan sambungan sisa proyek/renovasi sih bisa gratis malah. hehe. Setelah dapat bahannya (beli/sisa proyek). Sekarang persiapkan alat-alatnya.
1. Pemotong pipa (bisa diganti dengan gergaji besi atau apapun yang biasa agan gunakan untuk memotong pipa)
2. Penggaris
3. Spidol / Pulpen / Pensil
4, Palu

Setelah siap semuanya, mari kita mulai proses pembuatannnya :
1. Potonglah pipa menjadi beberapa bagian :
- 2 pcs dengan panjang 50 cm
- 4 pcs dengan panjang 6 cm
- 2 pcs dengan panjang 5 cm
Jadi, bagian pipa yang terpakai untuk membuat gantungan handuk ini tidak ada setengah dari yang kita beli (4 meter), karena total pipa yang terpakai hanya 134cm. Sisanya bisa kita pakai lagi nanti jika ada ide membuat sesuatu lagi. hehe.


2, Kalau tidak ingin warna natural pipa paralon, boleh di kasih warna sesuai selera. Mau di pylox, di cat, terserah agan. Kalo ane, karena ane suka warna item doff, makanya ane pylox warna item doff.

3. Setelah pewarnaan selesai, tinggal dirakit aja menjadi seperti ini. Untuk yang dekat dengan tembok sengaja ane kasih yg 5cm supaya gap antara tembok dan pipa pertama tidak terlalu lebar.

4. Pastikan semua sambungan sudah kuat. Kalau merasa sudah kuat, bisa langsung di pasang ke dinding dengan klem. Jadilah gantungan handuk murah meriah yang tidak kalah elegan dan siap untuk digunakan, hehe.



Selesai sudah, gampang banget kan bikinnya. Sebelum ane tutup postingan ini, sebelumnya ane mau merinci ongkos yang digunakan untuk membuat gantungan handuk ini.

1. Pipa ukuran 1/2 inch 4 meter = Rp 19.000,-
2. Sambungan L ukuran 1/2 inch = 4 x Rp 2.500 = Rp 10.0000,-
3. Sambungan T ukuran 1/2 inch = 2 x Rp 3.000 = Rp 6.000,-
4. Dop / Tutup ukuran 1/2 inch = 2 x Rp 1.500 = Rp 3.000,-
4. Klem pipa ukuran 1/2 inch = 2 x Rp 1.000 = Rp 2.000,-

Total ongkos nya = Rp 40.000,- (Bisa dikurangi Rp 10.000 lagi menjadi Rp 30.000, karena pipa paralon yang terpakai tidak ada setengahnya dan masih bisa dimanfaatkan lagi nantinya).

Jadi Gimana? Murah kan, dengan uang Rp 30.000,- sudah bisa dapat gantungan handuk yang tidak kalah elegan dengan yang di jual di pasaran. Dan yang pasti ada kepuasan tersendiri :D

4 comments:

  1. wah kreatif banget, hasilnya bagus gak kalah sama yang di jual di toko

    ReplyDelete
  2. Inspiratif banget bro, lumayan menekan sedikit pengeluaran hehehe

    ReplyDelete
  3. Patut ditiru,, berangkaaat beli klem nya ��

    ReplyDelete

Monggo bagi yang mau mengeluarkan uneg-unegnya. Jangan cuma disimpan dalam hati, gak baik lho. Ditunggu coretan-coretan kalian semua. Terima Kasih :D