Jul 19, 2011

Layanan Plus Plus dari Google

Ternyata gak cuma panti pijat aja lho yang punya layanan plus plus. Google pun tak mau kalah sama panti pijat. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya tanggal 28 Juni 2011 Google mengenalkan layanan plus plus nya, Google+ namanya. Mungkin post ini sudah telat kali ya, soalnya hegemoni Google+ ini sudah hampir satu bulan yang lalu. Tapi gak ada salahnya kan berbagi.

Google+ yang bisa Anda akses melalui plus[dot]google[dot]com adalah semacam jejaring sosial yang dikembangkan oleh Google Inc. Yaah, sejenis dengan facebook lah. Google+ sendiri kini masih dalam tahap uji coba. Belum semua pengguna bisa mendaftar menjadi anggota Google+. Seperti yang ditulis oleh Googe dalam situs Google+, "Saat ini, kami masih menguji coba situs ini dengan sejumlah kecil pengguna, tapi hal tersebut tidak akan memakan waktu lama. Tinggalkan alamat email anda, kami akan memastikan anda menjadi yang pertama apabila kami siap mengundang lebih banyak orang untuk uji coba ini."



Lumayan kan, dengan satu akun Google kita bisa menikmati berbagai macam layanan. Blogger sendiri kan layanan dari Google, jadi seharusnya untuk menjadi anggota Google+ tidak terlalu sulit, karena kita tidak perlu lagi membuat akun Google. Yah, tinggal menunggu waktu sajalah, atau menunggu di invite. hhe.

Tampilan awal Google+.

Tampilan Google+ sebelum login


Apa aja sih layanan plus plus dari Google+ ini?


1. Circles atau Lingkaran pertemanan
Jadi ingat waktu TK dulu (yg pernah TK ya), disuruh buat lingkaran, kemudian di dalam lingkaran tersebut kita bisa saling menyapa, saling berbagi cerita, dll dsb. Circles di Google+ ini adalah untuk mengelompokkan teman2 kita sesuai keinginan kita. Misalnya kita ingin mengelompokkan teman SD, teman SMP, teman SMA, atau teman sepermainan, terserah kita. Yah seperti list teman dalam facebook, tapi dengan tampilan yang ciamik. Di dalam lingkaran ini kita bisa saling berbagi, foto, video, atau yg lain.

2. Sparks
Sparks adalah tempat di mana kita bisa mengelompokan konten-konten yang ada di internet, untuk kemudian dibagikan ke teman-teman kita. Misalnya bahasan-bahasan fotografi, media sosial, atau apapun yang akan muncul di timeline. Kita pun bisa memberi +1 ke konten tersebut. Fitur ini semacam news-feed yang bisa dikustomisasi. (from detikinet.com)

3. Hangouts
Jalan-jalan. Tapi fitur ini bukan untuk mengajak teman2 kita hangout keluar, ke warteg misalnya. Eh, bisa juga sih. Karena hangouts ini adalah layanan grup video. Jadi, kita bisa video chat dengan maksimal 10 teman kita yang diambil dari circles. Kita bisa ngobrol macem2 disitu. Bisa video conference juga, *emangnya cuma pejabat yang bisa video conference. Yah, seperti skype gitu deh.

4. Mobile
Layanan Google+ ini bisa kita akses di mana saja dengan handphone kita. Namun untuk sementara ini aplikasi Google+ hanya diperuntukkan untuk platform Android saja. Dengan aplikasi tersebut kita bisa menikmati fitur Google+ layaknya dari PC.

So, tunggu apalagi, sebagai pengguna Google yang baik dan benar, mari bergabung di Google+ *tunggu orang nginvite, hehe.

Sedikit share ahh..
My Profile of Google+





11 comments:

  1. aku baru tahu kalo bisa video conference juga, thanks

    ReplyDelete
  2. baru kemarin nih diundang teman utk ikutan google ini.

    ReplyDelete
  3. saya sudah ikutan, tapi menurut saya belum ada plus-plusnya...

    ReplyDelete
  4. Setiap saat saya mengira bahwa Google+ akan berakhir seperti Google Wave. Kayaknya saya mau nunggu beberapa bulan dulu deh, baru setelah itu saya ikut join :)

    ReplyDelete
  5. wow bisa pidio konperens juga ya.. ini yg daftarnya nunggu invite orang dulu ya?!?!

    ReplyDelete
  6. sudah join sewaktu diinvite teman... tapi ya gitu deh ngga keurus juga.. belum hehe

    ReplyDelete
  7. saiai eblum masuk hingga detik ini. entah pertimbangan apa iia :(

    ReplyDelete
  8. cukup fb saja udah galau
    kalo di tambah google + bisa tambah galau,
    hehe
    but nice infoo

    ReplyDelete
  9. saya belum ngeh. padahal kemaren ada yang ngajak make. saya gaptek sih :p

    ReplyDelete

Monggo bagi yang mau mengeluarkan uneg-unegnya. Jangan cuma disimpan dalam hati, gak baik lho. Ditunggu coretan-coretan kalian semua. Terima Kasih :D