Jun 15, 2012

Yang Tradisional Yang Mulai Ditinggalkan (Delikan)

Siang itu, matahari bersinar sangat terik. Selepas sekolah, makan siang kemudian dilanjut tidur siang sepertinya sangat nikmat. Tapi tidak bagi kami, karena di saat-saat itulah waktu kami melepaskan penat setelah sekolah dengan bermain sepuasnya. Di halaman depan rumah kakekku terlihat sepi. Hanya terlihat seorang teman yg sedang kebingungan, sedangkan yg lain ada yg di balik semak2, ada yg naik ke pohon, ada yg di belakang rumah, aneh2 lah pokoknya. Yah, kami sedang bermain delikan atau istilah kerennya petak umpet. Dan hampir setiap hari sepulang sekolah sampai hampir menjelang maghrib halaman depan rumah kakekku selalu ramai dengan kegiatan anak2 yg selalu berganti-ganti setiap harinya.

Tetapi kini, situasi yang demikian sudah tak kulihat lagi. Hanya segelintir anak2 kecil yg ada disitu yg sedang bermain2. Tetapi beruntunglah masih ada yg mau bermain di sana, meskipun gak seramai dahulu. Meskipun begitu, diriku masih tetap prihatin. Apakah permainan2 seperti delikan, benthik, gatheng, gobak sodor, jong jling, dan kawan2 (itu nama permainan di daerah saya) masih bisa bertahan terhadap gempuran2 permainan masa kini yang mengatasnamakan teknologi dan kecanggihan? Sedangkan permainan2 yang "dianggap" kuno itu sedikit demi sedikit mulai terpinggirkan. Tetapi dengan adanya acara "si Bolang" di tv sepertinya ada sedikit harapan untuk mengenalkan kembali permainan2 tradisional tersebut ke anak2 sekarang. Tinggal orang tua mau mendukung atau tidak.

Diriku di sini hanya ingin bernostalgia dengan permainan2 tersebut dan pernahkah sobat blogger merasakan permainan2 tersebut, pastinya sudah ya. Untuk yg pertama akan kumulai dengan DELIKAN atau petak umpet (atau apalah namanya di tempat sobat).

Image from Here
Di tempat kami, delikan ada bermacam2 cara bermainnya, tinggal mau kesepakatannya mau yang bagaimana. Tetapi yang pasti itu, kalo mau bermain harus ada pemainnya. 5 orang sudah lumayan seru kok, kalo mau lebih seru lagi ya lebih banyak lagi. Kalo sudah terkumpul, lakukan hompipah atau terserah mau gimana buat nentuin siapa yang jaga atau yg bertugas mencari. Kalo sudah dapat siapa yg jaga, sekarang aturan bermainnya.

Tapi sebelumnya harus tahu pokok2 untuk bermain delikan ini terlebih dahulu.
Orang yang jaga harus menutup mata ditempat yg sudah ditentukan (tempat jaga ini sebutannya berbeda2 tiap daerah, ada yg INGLO / HONG dll, kalo di tempat saya SEPONG), yg biasanya berbentuk tugu, gapura, pohon atau tiang kemudian menghitung dari 1-10 (ato yg disepakati berapa). Di rentang waktu hitungan tersebut pemain yang lain harus segera mencari tempat persembunyian yang dirasa aman dan tidak diketahui oleh yang jaga. Setelah selesai menghitung, yg jaga harus segera beraksi menemukan pemain yg bersembunyi. Apabila yang jaga sudah menemukan temannya yg sembunyi, ia harus menyebutkan nama temannya tersebut ditambah INGLO sambil menyentuh INGLO nya. Misalnya temen saya nemuin saya, maka dia harus berteriak "Daud, INGLO" sambil menyentuh INGLO (tempat jaga). Teman yang bersembunyi pun bisa mengendap2 mendekati INGLO dan ketika yang jaga lengah raihlah INGLOnya dan anda termasuk orang yg beruntung.

Sekarang mari masuk ke macam2nya:
VERSI I
Teman pertama yang tertangkap menjadi orang yg jaga berikutnya apabila yang jaga bisa menemukan semua teman yang bersembunyi. Tetapi apabila ada seorang teman yg bersembunyi bisa menyentuh INGLO maka permainan berakhir dan yg jaga tetap jaga di sesi berikutnya. (ini kasihan bagi yg dapet kesempatan jaga pertama, karena pasti ada aja orang yg bisa menyentuh INGLO)

VERSI II
Hampir sama dengan versi I hanya saja, orang yang jaga di sesi berikutnya tetap orang pertama yang ditemukan oleh yg jaga meskipun ada teman yg bersembunyi yg menyentuh INGLO. (Ini adil bagi yg jaga, tapi kurang seru)

VERSI III
Permainan berhenti ketika semua orang sudah ditemukan. Orang yg jaga disesi berikutnya bukanlah orang pertama yg ditemukan, tetapi ditentukan dengan tebakan. Caranya, kalau sudah selesai semua, orang yg dapat ditemukan oleh yg jaga berbaris di belakang yg jaga. Sambil memejamkan mata, yg jaga menyebutkan angka, dan orang yg berada di angka tersebut dapat jackpot jaga. Tapi kalo yg jaga salah sebut angka, misalnya lebih (adanya cuma 4 bilangnya 5) maka dia jaga lagi, jadi harus teliti yg jaga, diitung dulu sebelumnya. Sedangkan teman yg bisa menyentuh INGLO tidak ikut dalam barisan dan tidak akan jaga pada sesi itu. Tetapi, teman yg bersembunyi baru boleh menyentuh INGLO ketika sudah ada teman yg ditemukan oleh orang yg jaga. Kalau teman yg sembunyi tadi menyentuh INGLO sedangkan belum ada teman yg ditemukan oleh yg jaga, maka yg menyentuh INGLO pun harus gantian jadi yg jaga. Dan permainan dimulai dari awal lagi.
(ini nih yg paling seru, membutuhkan strategi ni, ilmu pendengaran dan pengintipan harus jago, salah2 niatnya mau nyante dengan menyentuh INGLO, eh malah jaga gara2 blum ada yg ketemu)

Yups, sepertinya sekian dulu deh DELIKAN nya, udah mau maghrib tuh udah di cariin Bapak. Besok pagi main BENTHIK yuukk.

PS: maaf, posting besengeknya ditunda dulu ya. Diselingi ini dulu :)

10 comments:

  1. Wah saya hampir lupa pada permainan ini, untung jalan2 kemari jadi ingat lagi..
    Dan sesuatu selalu berubah di kolong langit ya. Dulu kita bermain petak umpat. Sekarang anak saya main ke mall dan games..Habis mau kata apa, situasinya yg tak memungkinkan dia bermain di halaman bersama teman2nya. Halaman untuk bermain itu yg gak ada..Karena tinggal di rumah perumnas lahan terbatas :)

    ReplyDelete
  2. aku juga pakai kata Inglo dulu kalau main petak umpet

    ReplyDelete
  3. permainan masa kecil dulu memang asyik dan menantang, beda sama anak2 sekarang yang cuma bermain dalam ruangan dan seputaran bilik warnet atau PS...

    ReplyDelete
  4. Paling suka waktu kecil dulu main Petak Umpet yang berkelompok, sampe rela2x ngumpet di kandang ayam.haha Gokill!

    ReplyDelete
  5. jadi ingat masa kecil dulu :D

    ReplyDelete
  6. Kunci keberhasilan adalah menanamkan kebiasaan sepanjang hidup Anda untuk melakukan hal - hal yang Anda takuti.
    tetap semangat tinggi untuk jalani hari ini ya gan ! ditunggu kunjungannya :D

    ReplyDelete
  7. ini yang paling seru ya cari tempat sembunyi yang jau yang ga bisa ditemui.. *ha ha..jadi cengar cengir..

    ReplyDelete
  8. hiiiii lama gak ketemu damalyk nih, dulu namanya itu kan hehehe. masih inget jenkna gak. alau permainan ini ditempatku thong2an apa ya hehe. aku ada award tuh buat kamu diambil diblogku yaaa...

    ReplyDelete
  9. makasih atas infonya sangat meanrik dan artikelnya keren banget
    obat lemah syahwat
    obat asam urat

    ReplyDelete
  10. Hadeuhh ga ngerti aku.. permainan apa itu yah?

    ReplyDelete

Monggo bagi yang mau mengeluarkan uneg-unegnya. Jangan cuma disimpan dalam hati, gak baik lho. Ditunggu coretan-coretan kalian semua. Terima Kasih :D