Nov 18, 2010

Jum'at yang Penuh Berkah

Blog ini memang campur aduk, segala hal ada di sini. Mulai dari yang gak jelas sampai yang gak jelas ada di sini *isinya memang gak jelas semua*. Eh, tapi ada sih yang jelas, seperti postingan yang satu ini. Saya rasa postingan kali ini bakalan cukup jelas. Bukan SARA ya, apalagi SARAS 008, saya hanya ingin menasehati diri saya sendiri, dan mengingatkan sahabat2 blogger semua. Khususnya untuk laki2 muslim. Kenapa laki2? Karena yang berkewajiban untuk “Shalat jum’at (selanjutnya disebut Jum’atan)” adalah laki2, sedangkan untuk para wanita hanya sunnah. Yupz, di sini saya akan membahas tentang jumatan. Tapi semuanya boleh membaca kok.

Yang pertama, amalan2 apa aja sih yang dikerjakan sebelum shalat jum’at??

Ada banyak amalan yang bisa dilaksanakan sebelum kita berangkat shalat jum’at, diantaranya :

1. Mandi Junub
Hayoo? Kalo mau berangkat jum’atan pada mandi gak? Mandi junub untuk jum’atan ini hukumnya wajib lho (HR Muslim dan Nasa’i), akan tetapi wajibnya bukan seperti wajibnya shalat, jadi sunnah muakad atau sunnah yang dikuatkan. Bahkan untuk menguatkan lagi, Nabi pernah bersabda dalam HR. Bukhori, yang isinya wajib bagi tiap2 orang muslim untuk mandi satu kali dalam satu minggu (yaitu hari jum’at). So, bagi yg gak pernah mandi, sekali2 harus mandi kalo mau jum’atan.

2. Pake minyak wangi dan berpakaian rapi
Ini juga penting nih, kalo mau ketemu “someone special” aja mpe ngabisin minyak nyong2 satu ember, trus sebentar2 liat ke cermin, “pake baju ini bagus gak ya??”. Eh, giliran mau ketemu sama Allah Cuma pake kaos oblong, kaos bola, gak mandi pula. Malu donk sama Allah.

Padahal dalam HR. Muslim Nabi bersabda, yang intinya bahwa setiap orang (laki2) yang baligh wajib untuk siwakan dan memakai minyak wangi seperlunya, meskipun memakai minyak wangi wanita. Kata meskipun memakai minyak wangi wanita hanya untuk menguatkan untuk memakai minyak wangi (untuk laki2), karena wanita itu sendiri dilarang memakai minyak wangi (hanya kata kiasan). Sebenernya wanita itu boleh memakai minyak wangi, tapi jenis minyak wangi wanita itu adalah yang berbekas tapi tidak berbau. Jadi, para laki2 itu disangatkan untuk memakai minyak wangi meskipun minyak wangi itu tidak berbau. Minyak wangi yang tidak berbau?? Cari sendiri deh,,

Dalam HR. Ibnu Majjah dijelaskan, “Nabi bersabda : tidak ada atas salah satu kalian seandainya membeli 2 pakaian (atas dan bawah) untuk hari jum’at, selain pakaian seragam (keseharian)”. Menurut hadits ini, tidak ada salahnya jika kita membeli pakaian khusus yang hanya dipakai untuk jum’atan, karena ini berarti kita membagusi pada hari jum’at. Hmm, sudahkah sahabat blogger sekalian menyiapkan pakaian khusus untuk hari jum’at??

3. Datang sebelum khutbah di mulai
“Ah, masih jam setengah 12”, “Ah, masih lima menit lagi”, “Ah, khutbahnya belum dimulai”, “Ah, belum adzan”, kata2 itu seringkali aku dengar dari mulut teman2ku. Prinsip LIFO (Last In First Out) pun juga menjadi trend, berangkat jum’atan paling akhir, pulangnya duluan. Apakah sobat blogger pernah melakukannya??

Padahal, banyak sekali lho yang bisa kita lakukan di masjid selama menunggu khutbah di mulai, shalat sunnah, baca Al Qur’an, baca shalawat, dzikir, dll. Yang pasti yang bermanfaat, nambah pahala pula. Siapa sih yang gak mau pahala??

Dan sesungguhnya orang yg datang setelah khutbah dimulai itu adalah orang yg sangat rugi. Karena malaikat2 yang menunggu di pintu2 masjid untuk mencatat siapa saja yang pergi jum’atan akan menutup bukunya kalau imam sudah memulai khutbah dan ikut mendengarkan khutbah. Jadi, yang terlambat?? Ya NGGAK DICATAT, lha siapa yg mau nyatat?? Wong malaikatnya juga ikut ndengerin khutbah kok.

Kalo gitu, berarti kalo sudah telat nggak usah jum’atan aja donk? Kan udah nggak dicatat. Eitss, tunggu dulu, Jum’atan itu hukumnya wajib (dalil sudah jelas). Jadi, meskipun telat kita tetap harus berangkat jum’atan, akan tetapi kita tidak mendapatkan pahala jum’atan. Hanya menggugurkan kewajiban kita untuk jum’atan. So, kalo bisa datang awal kenapa harus (sengaja) terlambat???

Haduh, panjang juga yaa. Dipotong dulu deh, berarti to be continued neh. Ini baru amalan2 sebelum berangkat jum’atan. Amalan2 lainnya akan di jelaskan di episode selanjutnya deh. Tunggu yaa...

35 comments:

  1. Mas, tambahan,,,potong kukunya mana?
    Sebelum jumat'an disunahkan sekali potong kuku...
    Potong kukunya pun caranya pakai adan sunahnya nabi. dari telunjuk sampai jari kelingking. lalu baru ibu jari tangan kanan. lalu tangan kiri juga sama aturannya.

    Sedangkan kaki, dari jari kelingking kaki kiananterus ke arah jari kelingking kaki kiri.

    ReplyDelete
  2. Mau jumatan mau kemana. Minyak wangi saya tetap yg non alkohol rasa drakar.

    No.3 itu punyakit yg sudah mendarah daging di pemuda-pumda indonesia tuh.
    Teman2 SMA saya ajah, kalau saya maen pas hari Jumat selalu bilang,"Nunggu iqamah". Astaghfirulloh.

    Oh ya, tambahan, suul adab yg sering terjadi saat sholat jumaat, gak ndengerin khutbah. kebiasaan yg harus dikikis.

    ReplyDelete
  3. @ mbak fanny : mandi janabat namanya mbak :)

    @ Bumi Al Fattah : oh iya, terima kasih mas tambahannya, sebenernya bukan hanya memotong kuku aja mas, mencukur kumis, mencabut bulu ketiak, mencabut bulu kem*luan juga, nanti insyaAllah ditambahkan diepisode berikutnya atau nanti saya edit lagi,,

    @ Common cyber : sama mas, saya juga sering denger temen2 ngomong gitu,,
    yah, semoga ke depannya generasi muda indonesia lebih baik lagi,,

    ReplyDelete
  4. Hm....

    Kok mencium-cium bau wangi yah....

    ReplyDelete
  5. aku udah pernah baca itu smua dibuku sob, emang byk amalan kok di hari jumat itu,
    byk jg berkahnya...
    ya udh tar mlm kan mlm jumat tuh...
    hmmm... amalan apa ya di mlm jumat itu??
    :)
    met Idul adha ya sob.. udh nyate blm??? hehe...

    ReplyDelete
  6. kayanya buat yg kerja kantoran agak susah ya buat mandi sebelum sholat jum'at...palingan mandi pas paginya aja...hehehe

    ReplyDelete
  7. berhubung rmh deket masjid, jadi pas azan bru datang hehehehe (don't try at home)

    ReplyDelete
  8. asswrwb...mg2 aja kaum adam yg baca postingan tsb sadar n mulai melakukannya..hehehe..tnx dah mampir ke blogku...success 4 u..!

    ReplyDelete
  9. wah, kalau artikel diatas ditambah dengan Emoticon2 yg lucu2 dan sangat Ekspresif yg ada diblog saya, makin manteb deh blognya, jadi lebih hidup artikelnya :thumbs up

    ReplyDelete
  10. Biasanya yg rajin dtng sebelum khutbah tuh bpak2nya klo yang muda2 mah nungguin adzan hiihiihii

    ReplyDelete
  11. nungguin lanjutannya yaa de :)

    *kebanyakan ditempat aku berangkatnya pas da adzan ..

    ReplyDelete
  12. Teman kantorku sih lebih suka berangkat ke masjid kalau udah adzan... Untung aja masjidnya dekat, karena masih ada dalam lingkungan kantor.

    ReplyDelete
  13. walahhh....
    pakai minyak wanginya itu yang mesti lupa, dek -.-

    ReplyDelete
  14. trus datang lebih awal agar dapat barisan depan...

    ReplyDelete
  15. hari jum'at memang penuh berkah hari rayanya bagi orang muslim...memang kebanyakan mereka datang pas saat azan berkumandang semua orang berbeda² tentunya ya sob

    ReplyDelete
  16. datang lebih awal
    dengan berjalan kaki
    biar pahalanya lebih gede

    ReplyDelete
  17. jum'at memang hari yang penuh berkah.... ^^

    ReplyDelete
  18. Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog. Thanks for sharing..
    I would like to share good news also. Here you:

    English Teachers Urgently Required !!!

    A fast-growing National English Language Consultant is hunting for professional English Tutors with the following qualifications:

    i. Competent, Experienced, or Fresh Graduate
    ii. Proficient in English both spoken & written
    iii. Friendly, Communicative, & Creative
    iv. Available for being placed in one of the following branches:
    a. Bandar Lampung, Jln. Ahmad Yani No 7 A Bandar Lampung, Telp: 0721-261135
    b. Denpasar, Jln. HOS Cokroaminoto No 66 Block B, C, D Denpasar, Telp: 0361-422335
    c. Pekanbaru, Jln. Ahmad Yani No 187 Kel. Tanah Datar 28000 Pekanbaru, Telp: 0761-7641321
    d. Batam, Graha Pena Building 5th Floor, Suite 510, Jln. Raya Batam Centre, Batam, Telp: 0778-460785
    e. Balikpapan, BRI Building 8th Floor, Jln. Jend. Sudirman No 37 Klandasan BalikpapanTelp: 0542-737537
    f. Makassar, Graha Pena Building 8th Floor, Suite 807,809-812, Jln. Urip Sumoharjo, No 20 Makassar, Telp: 0411-451510
    g. Medan, Visit http://www.easyspeak.co.id
    h. Banjarmasin, Visit http://www.easyspeak.co.id

    If you meet the qualifications above, please send your resume to the address you are applying for or to our email: easyspeak.recruitment@gmail.com within 2 (two) weeks after this advertisement.

    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information about our company.

    ReplyDelete
  19. hehe kebiasaanku dateng setelah adzan nih ckck

    blogwalking yaaa

    ReplyDelete
  20. kalau saya hampir ga pernahmandi junub kalau mau jumatan... abisnya kan kalo jumat pasti di kantor, jadi kayaknya jadi mengegelikan aja kalau di kantor mandi hahahaa.....

    yang penting seh kalau saya...mendengarkan isi kutbah jumat... :)

    ReplyDelete
  21. kebiasaan tmn2 kltorku klo solat jum'at dtg telat itu hehe

    ReplyDelete
  22. wah untuk cowok banget nih... hehehe

    ReplyDelete
  23. wah kalo pas di kantor gimana mandinya ya

    ReplyDelete
  24. Yang berat Tuh Minyak Wangi Sama Mandi Soalnya aku kerja posisinya jadi gak mungkin hahahahah

    ReplyDelete
  25. assalamualaikum...
    hai,..
    gmana kbarnya nya?
    wah salat jumat ya, banyak amalan ya.
    salam

    ReplyDelete
  26. tulisan yang bagus
    makasih ya udah share..\
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal ekonomi andalas

    ReplyDelete
  27. Nice posting buddy…I love to read it…I love your blog. Thanks for sharing..
    I would like to share good news also. Here you:

    English Tutors Urgently Required!!!

    Easy Speak, A fast-growing National English Language Consultant, is hunting for
    English Tutors

    Qualifications:
    1) Competent, Experienced, or Fresh Graduates
    2) Proficient in English both spoken & written
    3) Friendly, Communicative, & Creative
    4) Available for being placed in one of the following cities:
    a. Batam 0778-460785
    b. Pekanbaru 0761-7641321
    c. Balikpapan 0542-737537
    d. Palembang 0711-350788
    e. Samarinda 0541-273163
    f. Denpasar 0361-422335
    g. Makassar 0411-451510
    h. Semarang 024-3562949
    i. Bandung 022-76660044
    j. Banjarmasin 0511-7069699

    If you meet the qualifications above, please send your resume to: easyspeak.recruitment@gmail.com.
    Or contact our branch offices mentioned above to confirm prior to sending your resume.
    Deadline: July 30, 2011.
    Visit http://www.easyspeak.co.id for further information.
    Make sure that you won’t miss this golden opportunity as the day after tomorrow might be too late for you to compete for this position

    ReplyDelete
  28. makasih iya gan
    berguna sekali infonya

    ReplyDelete

Monggo bagi yang mau mengeluarkan uneg-unegnya. Jangan cuma disimpan dalam hati, gak baik lho. Ditunggu coretan-coretan kalian semua. Terima Kasih :D