Nov 11, 2010

Aku Bukan Orang Batak

Batak merupakan salah satu suku bangsa di Indonesia. Nama ini merupakan sebuah terma kolektif untuk mengidentifikasikan beberapa suku bangsa yang bermukim dan berasal dari Tapanuli, Sumatera Utara. Suku bangsa yang dikategorikan sebagai Batak adalah Karo, Pakpak, Toba, Simalungun, Mandailing, dan Angkola. Itu hanya sedikit tentang batak, lebih lengkapnya Anda bisa melirik ke sini.

Mengapa Batak? padahal aku sendiri bukan orang Batak. Yah, aku adalah orang jogja asli *tepatnya Kulon Progo sih*, yang notabene berbeda dengan batak. Suaraku yang lemah lembut *sigh, agak boong dikit*, berbeda dengan orang2 batak yg suaranya lantang. Dan aku harus mempelajari Batak lebih dalam lagi. Yah, kami dapat tugas mata kuliah Budaya Nusantara mengenai Kebudayaan Batak. 

Tapi ternyata mempelajari budaya Batak cukup mengasyikan juga. Mempelajari kehidupan orang2 di sana, mempelajari keseniannya, mempelajari sejarah dan yang paling aku senangi adalah mempelajari makanannya. Hmmm. Meskipun di Batak itu makanannya identik dengan babi dan anjing, tapi tidak semuanya dari babi dan anjing kok. Masih banyak kok makanan-makanan yang halal bagi seorang muslim.salah satunya ini neh.

Naniura
Makanan dengan rasa agak asam2 pedas ini biasanya dibuat dari Ikan Mas. Tidak seperti makanan yang lain, Naniura ini TIDAK DIMASAK sehingga memiliki tekstur daging yang lembut dan agak kenyal. Naniura ini hanya di lumuri dengan asam (khas batak) ditambah bumbu2 dari rempah2, kemudian didiamkan selama semalam. Jadilah naniura yang siap disantap.

Selain itu ada sedikit persembahan dari kami. Kami namakan ini Batak in Action. Silakan menikmati *siapin camilan + kopi, jangan lupa plastik kresek, kali aja mau muntah*

Yang pertama, Tari Tor-tor ala kadarnya. Dancer-dancer papan triplek beraksi dengan penuh semangat.

Tari Tor-Tor

Yang kedua, paduan suara fals melody, di pandu oleh Mama minta beliin pulsa. Dengan artis2 yang suaranya sedikit lebih bagus dari suara duet Anang-Syahrini *lebih bagus Anang-Syahrini banyak*.

28 comments:

  1. kamu anak akun ya???
    kok diajarin bud nus sgala...
    sapa dosennya???

    ReplyDelete
  2. masih membayangkan memakan ikan tanpa dimasak >.<
    belum pernah sie >.<

    ReplyDelete
  3. @mbak riesta : iya mbak, lha kyaknya PBB ma pajak juga ada budnus deh,,
    bu woro mbak,,

    @mbak inge : mmm, mantep mbak, makanya nyoba deh,,

    ReplyDelete
  4. salam kenal, blog kamu bagus ya..
    di tunggu ya komentar baliknya di blog saya.. :)

    ReplyDelete
  5. saya lahir dan besar di medan..tp saya bukan org batak lo...:)

    ReplyDelete
  6. saya juga bukan orang batak...tp saya tinggal di tanah batak :D

    saya juga paling suka dengar gondang dan suling khas batak ^_^

    ReplyDelete
  7. salam sahabat
    kunjungan perdana n sekalian izin follow
    jika berkenan follow balik ya
    terima kasih

    ReplyDelete
  8. kunjungan pagi sob...
    met beraktifitas aja ya

    ReplyDelete
  9. hmm, jd ngiler nih liat naniura,
    namanya aja keren, pasti rasanya lezat...

    ReplyDelete
  10. suku batak emang unik, makanya gak sedikit jg dari para turis mancanegara yg tertarik dgn gaya hidup mereka.apalagi makanan2 khas mreka...

    mksh udh dishare, saya jd lbh byk tau nih..nambah wawasan.

    ReplyDelete
  11. kunjungan pagi juga sob tu makanan kayaknya enak banget buat makan siang heemmm. di bali nyarinya dimana ya. salam kenal gan blognya keren and informatif semangat ya kedepannya. visit back ya on http://7og4nk.blogspot.com please enjoy and you can find the real joy in the real place.

    ReplyDelete
  12. gak kebayang kalo anjing bisa dimakan. gak tega..hiks..

    ReplyDelete
  13. namanya lucu masakan ikannya :)

    sepertinya lezat,sayang tak suka ikan :(

    hemm..mempelajari suku suku lain itu bagus de'jadi bisa tau apa dan bagaimana adat dan budayanya..


    kereen !

    ReplyDelete
  14. Jadi pengen makan ikan nih... Enak kali ya...hehehe

    ReplyDelete
  15. wah.. jadi gak sabar dapat mata kuliah budnus,,,

    ReplyDelete
  16. rangn awam bilaang asal di rang mmedan atau sumatra taunya batak aja tuhhh...
    seru juga tuh tarian nya sobbb

    ReplyDelete
  17. kayak org jepang ya suka makan ikan mentah :)

    ReplyDelete
  18. orang batak terkenal bersuara bagus bila menyanyi...

    ReplyDelete
  19. Wah gmn rasanya tuh..?? mang enak yah, makan ikan mentah ??

    ReplyDelete
  20. hehhe ngingetin saya sama pertanyaan yang selalu sama dilontarkan ke saya tiap kali ada kenalan baru.
    nanyanya gini: orang mana mbak
    saya jawab: medan
    di tanya lagi: batak kan

    kan nya itu lho, kedengerannya memvonis banget, tapi ya wis lah

    ReplyDelete
  21. ada sih mata kuliah yang mirip. waktu itu saya kebagian budaya Bali. ternyata seru ya belajar budaya lain itu :)

    ohya, terima kasih atas kunjungan dan komentarnya di blog saya. kalau berkenan, silakan mampir lagi :)

    ReplyDelete
  22. Di Bali harga makanan ini mahal..:3

    ReplyDelete
  23. Kunjungan perdana di blog simple namun manis ini.

    Wah, kalau masalah makanan dari daerah batak, yg berjenis ikan, mau dong.
    Kirim via mimpi ya mas. Hehehehe. Makanannya namanya keren ya. Naniura.

    Wah, tapi maaf video youtubenya belum disetel nih. buffer lama sih maklum koneksi inet lemot.
    Commoncyber.net - Computer, Monetize, and Cyber World
    Situs Online dua Bahasa

    >> Roti Canai (Menu Weekend)

    ReplyDelete
  24. Mas orang medan. tapi bukan orang batak. Hemh...

    Lihat video Boru Panggoran, gitarnya enak. tapi yg nyanyi agak fals nih. Hahahahahahaha :D becanda lho.

    BTW itu lagu batak ya? Asyik juga ya dideneger, soalnya saya gak mudeng bahasanya. Tapi saya demen lagu yg saya gak paham bahasanya macam itu.

    Ngomong2, ikannya bikin tergir nih. Jadi laper.

    Jalinan persahabatan Catatan Bumi

    ReplyDelete
  25. heheww.. kalo makanan yg di gambar itu, di medan mirip arsik ikan.
    sama juga, pake ikan mas, trus digulai asam-asam gituu.. wuhuhu..

    ReplyDelete
  26. wah bisa maen ke tapanuli juga dong buat riset hehe... sip cintai kekayaan lokal yah...

    ReplyDelete
  27. sobat ku
    makasih ya atas postingnya
    sangat bermanfaat,,
    kunjungi jg bahan bacaan saya :
    jurnal
    ekonomi andalas

    t

    ReplyDelete

Monggo bagi yang mau mengeluarkan uneg-unegnya. Jangan cuma disimpan dalam hati, gak baik lho. Ditunggu coretan-coretan kalian semua. Terima Kasih :D